News
Selamat datang di Portal Berita Satu Media News, ikuti terus untuk mendapatkan berita dan informasi terbaru serta terupdate seputar Politik, Pemerintahan, Ekonomi, Olahraga, Kesehatan, Pendidikan serta Hukum dan Kriminal.
Berita  

Elly Wahyuni Ajak Masyarakat Lestarikan Kesenian Tradisional

banner 468x60

PESAWARAN – Jaranan, jathilan, kuda lumping atau kuda kepang, apapun penyebutannya kesenian satu ini kerap memeriahkan peringatan hari besar di berbagai daerah di Indonesia.

Tari tradisional yang asalnya dari Jawa Timur itu menampilkan sekelompok prajurit penunggang kuda, bergerak lincah diiringi alunan gong dan gamelan.

banner 325x300

Konon awalnya kuda lumping dianggap sakral karena dipakai jadi sarana menghalau roh-roh jahat yang dipercaya bisa menyebabkan penyakit dan malapetaka.

Makanya, kuda lumping kerap dikaitkan dengan hal-hal klenik ala Kejawen. Tapi itu kan dulu, kini kuda lumping hanya ditujukan untuk hiburan semata, terutama bagi masyarakat di pedesaan.

Seperti di Dusun Bangunharjo, Desa Tamansari, Gedongtatan, Pesawaran yang menggelar kuda lumping untuk memeriahkan peringatan 1 Muharam atau ‘Suroan’.

Pentasnya menyenangkan, warga setempat, tokoh masyarakat hingga pejabat berbaur dalam kegembiraan. Termasuk Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung, Elly Wahyuni yang hadir pada peringatan ‘Suroan’ kali itu.

Menurutnya pakaian khas dan lakon yang dimainkan oleh para pemain kuda lumping sangat menghibur masyarakat yang hadir.

Tanpa canggung, Elly Wahyuni juga sesekali ikut menari dengan para pemain kuda lumping. Dan tak lupa memberi saweran sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku seni tersebut.

Bendahara DPD Gerindra Provinsi Lampung itu mengatakan, kuda lumping merupakan salah satu kesenian tradisional yang harus dipertahankan dan dilestarikan.

“Kesenian tradisional kuda lumping ini harus terus dijaga dan dilestarikan agar tidak hilang terkikis dengan kemajuan teknologi yang pesat seperti saat ini,” tukasnya. (SMN)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *