News
Selamat datang di Portal Berita Satu Media News, ikuti terus untuk mendapatkan berita dan informasi terbaru serta terupdate seputar Politik, Pemerintahan, Ekonomi, Olahraga, Kesehatan, Pendidikan serta Hukum dan Kriminal.

Budiman: Pembangunan Tak Cuma Infrastuktur, Tapi Manusianya Juga

banner 468x60

BANDARLAMPUNG – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Lampung, Budiman AS menggelar Sosialisasi Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya.

Menurut Budiman, posisi Lampung sebagai gerbang Sumatera menjadikan Provinsi ini rawan dijadikan tempat penyelundupan narkotika.

banner 325x300

Tentu, kata dia, Perda tersebut akan sangat berguna untuk mendukung upaya pencegahan narkotika khususnya bagi generasi penerus bangsa.

“Kalau kita lihat angka penyalahgunaan narkotika saat ini sangat mengkhawatirkan. Ini jadi dasar penyusunan Perda Nomor 1 Tahun 2019 ini. Jadi kami melihat pembangunan bukan hanya perkara infrastuktur, tapi manusianya juga,” ujarnya disela Sosper di Kecamatan Langkapura, Sabtu (22/7).

Menariknya, saat sesi tanya jawab salah satu peserta menyoal peredaran obat Dextro dan Piroxicam. Obat batuk dan nyeri sendi yang masuk dalam kategori psikotropika ini nyatanya masih bisa didapat dengan mudah tanpa resep dokter.

“Dua inikan obat umum yang sering diberi di Puskesmas. Kalau bisa peredarannya dibatasi,” kata salah satu peserta Sosper.

Menanggapi hal itu, Budiman akan berkoordinasi lintas Komisi dan Dinas Kesehatan untuk melakukan penertiban dan pengawasan terhadap apotik.

“Ini jadi catatan penting untuk kita tindaklanjuti kedepan. Karena tidak semua petugas apotik paham bahwa dua obat ini berbahaya dan wajib ditebus dengan resep dokter,” pungkasnya. (SMN)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *